Senin, 26 Maret 2012

Pengertian Orientalisme

Orientalisme

Definis Orientalisme

Pengertian orientalisme berasal dari kata Orient yang membawa maksud Timur, Ketimuran dan bisa dikatakan bumi belahan timur. Kata isme dapat diartikan dengan sistem kepercayaan, pahaman dan searti dengannya. Dari pengertian kata di atas dapat disimpulkan pengertian orientalisme ini adalah bagaimana Barat mengkaji, meneliti, melihat tentang ketimuran. Di dalam dunia ketimuran berbagai perkara yang ada namun bisa dikatakan bahwa orientalisme ini mengkaji Timur dari berbagai sudut. Orang barat yang mengkaji ketimuran ini dikenal sebagai orientalisme dan lawan dari orientalisme ini adalah occidentalisme. Occidentalisme pula mengkaji dan melihat tentang kebaratan ( barat ).
Tidak semua orang barat itu dikatakan sebagai orientalisme karena orang yang digelar orientalisme ini adalah dari kalangan orang-orang yang kumpulan sarjana-sarjana Barat, Yahudi, Kristen, Athnies dan lain-lain yang mengkaji tentang ketimuran. Mereka ini hanya mengkaji, membuat analisis tentang ketimuran ( timur ). Lalu merekan menilai dan mengkaji ketimuran ini dari aspek-aspek dibawah ini 
 1.  Agama. 
 2. Sejarah. 
 3. Kebudayaan. 
 4. Ekonomi. 
 5.  Politik. 
 6. Lingkungan yang terkait dengan fasilitas dan lain-lain

Dengan itu, apa yang dapat dipahami bahwa orientalisme tidak semuanya jahat atau jelek malah ada juga dikalangan mereka ini bersikap baik dan memberikan manfaat bagi orang lain dengan pengkajian merekan. Lalu orientalisme ini dapat dibahagikan kepada tiga golongan yaitu :
Pertama : Golongan ini lebih cenderung mengkaji ketimuran tentang agama kemudian dengan kajian itu mereka menghancurkan dan merosakkan agama islam.
Kedua : Pada golongan ini hanya mengkaji ketimuran dan dengan kajian itu mereka mengambil kebaikan serta apa yang bermanfaat lalu mereka praktiskan dan digunapakai untuk mereka.
Ketiga : Bagi golongan ketiga ini mereka hanya mengkaji untuk membuatkan penelitian itu sebagai fakta, rujukan dan bahan ilmiah bagi semua manusia.

Dengan demikian disimpulkan bahwa orientalisme ini ada yang baik dan ada yang buruk. Jadi jangan kita mengangap bahwa semua orientalisme ini adalah musuh islam sedangkan ada sisi baiknya dari golongan mereka ini. Hanya orang yang tidak kenal apa itu orientalisme yang tidak dapat membedakan mereka adalah baik atau jahat. Moga-moga dengan sedikit bahan ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat buat kita semua.

Tidak ada komentar: